mancing ikan kerapu

Ikan kerapu dalam bahasa latin merupakan ikan yang memiliki banyak saudara dan berada dalam subfamily Epinephelinae, ikan kerapu sebenarnya terdiri dalam beberapa spesies, namun karena umumnya bentuknya hampir sama, hampir tidak bisa dibedakan jenis spesiesnya apalagi saat dipancing. Perbedaan dari setiap spesies mungkin hanya dari warnanya saja dan beberapa corak tubuh saja.

Kerapu merupakan ikan laut yang hidupnya didasar, lebih sering ditemui disekitar karang didasar laut. Teknik untuk memancing ikan kerapu biasanya para pemancing menggunakan cara memancing dasar (bottom fishing). Ikan kerapu biasanya mencari tempat buat sembunyi di karang ataupun bongkahan-bongkahan batu yang berada di pinggiran atau di tengah laut.Makanan utamanya adalah ikan-ikan kecil maupun udang yang masih hidup,begitu dia mendapatkan mangsanya maka dia akan langsung masuk dan bersembunyi di dalam karang.

Untuk umpan yang paling cocok mancing ikan kerapu adalah udang hidup. pasang atau kaitkan udang yang masih hidup tadi pada mata pancing dengan posisi kepala udang berada dibawah,atau bagian ekor udang yang dikaitkan pada mata pancing, supaya nantinya bila umpan ini kita lempar ke dalam air laut udang bisa berenang untuk menarik perhatian ikan kerapu yang bersembunyi di dalam karang.
Bila umpan kamu kena sambaran ikan cepet tarik tu senar untuk menghindari ikan keburu masuk dikarang sehingga pancing akan nyangkut alias kamu ga bs mengeksekusi tu ikan.